Android Pie Resmi Diluncurkan, Inilah 12 Fitur Barunya

android pie

 

Google yang saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi paling terkemuka di dunia, akhirnya merilis seri terbaru dari salah satu produk mereka yaitu Android. Seri kesembilan dari keseluruhan OS Android ini diberi nama Pie.

 

Ad.

mugen furniture e katalog lkpp

 

Baca juga : Review Singkat New Brother DCP-T710W Indonesia

 

Tidak hanya nama saja yang berubah, bentuk dari penulisan angka yang digunakan juga diubah. Jika sebelumnya selalu diikuti dengan angka 0 dibelakang titik (semisal 7.0 atau 8.0), Android Pie kali ini hanya menggunakan angka 9 saja. Update terbaru ini dikabarkan telah dirilis untuk smartphone flagship miliki Google yaitu Google Pixel via update over the air. Rencananya, beberapa smartphone lain akan mendapatkan update OS Android 9 Pie dalam waktu dekat. Dibandingkan dengan pendahulunya, Android Pie mengusung sejumlah pembaruan di berbagai aspek.

 

 

Ad

banner 2 


Apa saja fitur anyar yang bisa ditemui pengguna di Android Pie?

 

1. Smart reply dari notifikasi

Smart reply di notifikasi Android Pie(Google), Google menerapkan tampilan serba membulat di antarmuka grafis Android Pie, termasuk di bagian quick setting dan tray notifikasi. tema visual material design di Android Pie memang menambahkan white space dan sudut membulat. tampilan setting pun kini menampilkan ikon yang lebih berwarna-warni. untuk notifikasi, Android Pie mampu menampilkan konten seperti gambar dari aplikasi pesan instan, berikut opsi untuk langsung membalas percakapan.

 

2. Mode gelap

Opsi tampilan serba gelap di Android Pie dalam keadaan tertentu, tampilan antarmuka berwarna gelap lebih nyaman ketimbang warna putih terang seperti biasa. di Android Oreo sebelumnya, Google sempat menyediakan opsi dark mode yang mesti diaktifkan dengan memilih wallpaper, tapi fitur tersebut kemudian ditarik. Dark mode kini telah kembali di Android Pie. cara mengaktifkannya pun mudah, yakni cukup dengan membuka opsi Display di menu Settings, kemudian Device theme, lalu pilih di antara tiga opsi, yakni otomatis (berdasarkan wallpaper), terang, atau gelap.

 

3. Simulasi “poni”

Sepasang kamera depan Huawei Nova 3i tersemat di bagian notch layar, mengapit earpiece. semakin banyak smartphone Android memiliki “notch” alias poni di bagian atas sebagai tempat kamera depan dan earpiece, selagi layar terus dilebarkan dan hanya menyisakan bingkai tipis di pinggir perangkat. untuk mengakomodir tren yang mengemuka ini, Android Pie menyediakan fasilitas simulasi notch untuk developer, agar bisa melihat seperti apa tampilan aplikasinya di smartphone berponi. caranya adalah dengan mengaktifkan Developer Mode, lalu mengaktifkan opsi “Simulate a display with a cutout” di bagian Drawing.

 

4. Editing screenshot

Opsi menyunting screenshot ditampilkan di panel notifikasi Android Pie usai tangkapan gambar diambil. Android Pie masih mendukung cara pengambilan screenshot dengan menahan tombol power dan volume down secara bersamaaan. selain itu, ada fitur baru untuk editing screenshot. setelah tangkapan layar diambil, Android Pie akan menampilkan tombol “Edit” di preview screenshot. opsi penyuntingannya antara lain crop, highlight, dan menggambar. Ini mempersingkat langkah yang diperlukan apabila pengguna ingin menyunting gambar screenshot sebelum dibagikan ke orang lain.

 

5. Digital wellbeing
Untuk mengatasi masalah kecanduan smartphone yang saat ini mulai menjadi penyakit umum, melalui Android 9 Pie, Google memperkenalkan Digital Wellbeing. Lewat fitur baru ini, Google memastikan bahwa smartphone lah yang 'bekerja' untuk pengguna, bukan sebaliknya. untuk mendukung itu semua, Google menyematkan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna mengatur waktu mereka di depan layar smartphone. Salah satu yang paling unik adalah Android Dashboard, yang membantu pengguna untuk mengetahui berapa banyak waktu yang mereka habiskan di aplikasi-aplikasi tertentu. selain itu, ada juga Wind Down Mode, yang bisa memberi peringatan kepada pengguna untuk beristirahat atau tidur.

 

6. Lockdown

Fitur Lockdown mematikan pemindai sidik jari dan meminta pengguna memasukkan PIN atau pattern untuk membuka kunci perangkat. ada satu fitur security baru untuk keamanan ekstra yang diterapkan di Android Pie, yakni mode Lockdown yang akan mengunci perangkat, lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tak menampilkan notifikasi di lock screen. Perangkat akan meminta kunci default seperti PIN atau pattern. Cara mengakifkannya adalah dengan membuka opsi Security and Location di menu Setting, kemduian Lock Screen Preference, dan aktifkan Show lockdown. Pilihan untuk melakukan Lockdown kemudian akan ditampilkan saat pengguna menekan tombol daya.

 

7. Navigasi berbasis gestur

Tombol elips kecil di tengah alayar adalah tombol home. Navigasi lain mengandalkan gerakan jari. bosan dengan tiga tombol navigasi default ala Android? Google menyediakan alternatif di Android Pie, yakni yakni navigasi berbasis gestur swiping. Sapukan jari ke kanan untuk menjalankan fungsi “back”, ke kiri untuk berganti aplikasi yang terbuka, ke atas untuk melihat “recent apps” atau app drawer. tombol elips kecil (on screen button) di tengah layar berfungsi layaknya tombol home fisik untuk membawa pengguna kembali ke layar home.

 

8. Kunci rotasi

Tombol khusus di atas layar perangkat Android Pie untuk mengunci orientasi layar. sebagian pengguna Android mungkin sering terpaksa membolak-balik perangkatnya gara-gara tampilan mendadak layar berubah dari portrait atau sebaliknya, saat perangkat berganti orientasi. berbeda dari versi Android sebelumnya yang hanya menyediakan opsi “ON” dan “OFF” untuk rotasi otomatis, Android Pie bisa mengunci tampilan dalam orientasi tertentu. Sebuah tombol khusus di pojok atas layar digunakan untuk mengaktifkan kunci rotasi ini.

 

9. Adaptive battery

Fitur adaptive battery menggunaakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu pemakaiannya. aplikasi yang sering dipakai akan mendapat prioritas resource dan baterai untuk berjalan di background. tujuannya tidak lain untuk meningkatkan efisiensi daya dan menghemat baterai. serta mempermudah pengguna dalam meninjau indikator daya baterai yang tersisa akan ditampilkan di bagian bawah ambient display (always on display), seperti yang sebelumnya sudah dilakukan oleh sebagian pabrikan Android di perangkatnya.

 

10. Peningkatan keamanan dan privasi

Berbeda dengan seri sebelumnya, Android 9 Pie kini dibekali sistem keamanan yang lebih ketat dari biasanya. terutama di sisi enkripsi, setiap aktivitas yang membutuhkan enkripsi atau dekripsi data, saat ini hanya bisa dilakukan lewat smartphone pengguna (via pola, PIN atau password). selain itu, setiap terkoneksi ke jaringan internet, Android 9 Pie akan membuat alamat MAC secara acak untuk setiap jaringan yang diakses. tidak hanya keamanan saja, sistem privasi juga sangat diperhatikan oleh Google. Kini, Android 9 Pie akan membatasi akses terhadap mikrofon, kamera dan sensor, ketika suatu aplikasi tidak digunakan atau hanya berjalan di latar belakang.


11. Sistem pencarian dibuat lebih pintar
Seperti yang dilansir TheVerge.com, sistem pencarian bawaan dari Google, kini dibuat lebih pintar lagi di Android 9 Pie. Sekarang, alih-alih masuk kedalam aplikasi untuk melakukan suatu aktivitas, Android 9 Pie menyediakan yang namanya efektivitas dengan adanya beberapa tombol 'activity shortcut' pada sejumlah aplikasi. tidak sampai disitu saja, App Drawer pada Google Pie juga dibuat lebih cerdas, dengan menyarankan sejumlah aplikasi atau aktivitas lain yang dinilai akan dilakukan oleh pengguna.


12. Daya tahan baterai diatur oleh AI
Setiap merilis Android versi terbaru, Google selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan daya tahan baterai. Nah, pada Android Pie kali ini, Google mulai menggunakan AI sebagai solusi terbarunya. fitur baru yang dinamai Adaptive Battery ini, akan langsung memeriksa aplikasi apa saja yang jarang atau sering digunakan. Setelah, fitur ini akan langsung membatasi penggunaan CPU yang berlebihan untuk aplikasi yang jarang digunakan. Google mengklaim bahwa fitur baru ini, dapat menghemat baterai hingga 30%.

 

 

By. Doni

Editor. Evan

 

Source. Kompas.com

Tags:

Latest News

Fingerspot Mesin absensi dan akses kontrol canggih berkualitas tinggi

Siapa yang tidak tahu Fingerprint? ya kebanyakan semua orang mengetahui apa itu fingerprint yang biasa digunakan sebagai mesin absensi maupun akses kontrol. Terutama para pegawai kantoran dan siswa di sekolah sekarang telah banyak menggunakan mesin absensi fingerprint atau sidik jari yang memang memudahkan dalam hal pengabsenan. Banyak berbagai macam merk dan kompetitor diluar sana yang menjual mesin absen dan akses kontrol ini tetapi hanya beberapa saja...

HP Proliant Gen 9 Server Tangguh dengan Performa yang Tinggi

Komputer Server mungkin istilah ini sudah sering kita dengar terutama orang-orang yang berkecimpung dalam bidang komputer. Server dari dalam bahasa Indonesia disebut pelayan merupakan komputer yang melayani permintaan dari komputer client di dalam lingkup jaringan. Seperti di sebutkan di atas, komputer server merupakan komputer yang melayani permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya seperti memori yang lebih besar, hardisk dengan kapasitas...

APC BX650LI-MS, UPS dengan Harga Ekonomis dan Kualitas Terjamin Bagus

Hai sobat semua mungkin kalian pernah mendengar istilah kata “UPS”, ya, apalagi orang yang berkecimpung di bidang komputer pasti sudah terbiasa dengan istilah ini. UPS atau disingkat dari Uninteruptable Power Supply merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penyedia listrik cadangan ke perangkat komputer dan elektronik lain ketika arus listrik utama mati. Fungsi dari UPS ini sendiri adalah untuk menstabilkan listrik serta memback up kebutuhan listrik kepada...

Biaya Cetak hanya Rp. 15 per lembar Printer Brother Terbaru Mampu Memberikan Solusinya

Brother yang merupakan perusahaan IT terkemuka pada hari Kamis (21/5/2015) meluncurkan tiga varian printer inkjet multifungsi terbaru. Printer multifungsi yang mengusung sistem tinta refill canggih tersebut antara lain DCP-T300, DCP-T500W dan DCP-T700W. Ketiga varian printer ini juga mengusung teknologi “hemat tinta” yang dimana Brother mengklaim biaya cetak printer ini hanya Rp. 15 per lembar saja. Ketiga varian printer ini diklaim mampu mencetak hingga 6000...

Scanner Periksa Nilai LJK

Apa itu Software Periksa Nilai? Software Periksa Nilai adalah sebuah program yang berfungsi untuk membaca kertas LJK (Lembar Jawab Komputer) dan menterjemahkannya menjadi data teks kedalam komputer, sehingga proses penilaian terhadap kertas LJK menjadi mudah, akurat dan cepat. Hasil penilaian terhadap seluruh kertas LJK, langsung ditampilkan dalam bentuk laporan yang sangat detail dan informatif, sehingga Guru dapat dengan mudah menganalisa kualitas soal. Siapa...

Cara mudah mengakses situs yang terblokir

Sekarang pemerintah dan provider –provider internet lebih ketat dalam menyeleksi situs-situs yang dianggap berisi konten negatif seperti pornografi, situs radikal, situs berbau SARA dll, situs yang mengandung konten negatif tersebut akhirnya diblokir aksesnya oleh pemerintah dan provider internet. Tetapi sayangnya tidak semua situs yang diblokir mengandung konten negatif contoh vimeo.com dll. Saya akan berbagi trik bagaimana kita bisa tetap mengakses situs yang diblokir...

Menilik Kualitas Dan Ketahanan Label Di Dalam Dan Luar Ruangan

Pelabel yang sesuai dengan kemampuan cetak yang dapat diandalkan adalah satu bagian penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih pelabel yang tepat untuk keperluan bisnis Anda. Bagian lain yang juga harus dipertimbangkan adalah media label yang dapat digunakan dengan mesin pelabel yang Anda pilih.Produk pelabel yang tersedia saat ini menggunakan media label yang berbeda. Sebagian didesain untuk mencetak di atas label kertas, umumnya untuk penggunaan dalam ruang dan kebutuhan...

Paling Populer

 

Setelah perilisan prosesor generasi ke-7 dengan code name “Kaby Lake”, kini Intel telah beranjak lebih cepat dalam mengeluarkan prosesor terbaru penerus Kaby Lake. Meskipun Kaby Lake masih terbilang baru dan hangat-hangatnya, tetapi Intel pada tanggal 21 Agustus 2017 kemarin telah mengumumkan prosesor generasi ke-8 mereka dengan code name “Coffe Lake”. Apa saja yang membedakannya dari prosesor generasi sebelumnya? Mari kita bahas lebih detail mengenai “Coffe Lake” Prosesor Generasi...